Jumat, 29 Agustus 2008

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Tugas Bab 4 Komputer Sebagai System Informasi Organisasi
Hal. 88 – 90

Pertanyaan Halaman 88 :

1. Kemampuan apa saja yang membedakan suatu MNC (multinasional Corporation)?
- Jawab : Kemampuan yang membedakan suatu MNC adalah perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang dimiliki perusahaan. Selain itu MNC merupakan perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar, bangsa dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak peusahaan yang tersebar secara geografis dan masing – masing mempunyai tujuan, kebiasaan dan prosedur tersendiri. 

2. Apakah sumber ketidakpastian bagi MNC?
- Jawab : Sumber ketidakpastian bagi MNC adalah perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang telah dimiliki oleh organisasi.

3. Bagaimana para eksekutif MNC memberikan respon pada ketidakpastian?
- Jawab : Para eksekutif MNC memberikan respon dengan menganalisa informasi yang menyebabkan ketidak pastian, kemudian dengan pemahaman terhadap informasi tersebut para eksekutif memproses dan melakukan pengayaan data dan informasi yang kemudian menghasilkan sebuah keputusan untuk mengatasi ketidakpastian tersebut dalam kata lain penggunaan secara baik tekhnologi informasi memacu pemberian respon terhadap ketidakpastian
 
4. Yang mana dari empat struktur organisasi MNC yang sangat membutuhkan jaringan komunikasi MNC? Jelaskan jawaban anda.
- Jawab : Divisi internasional, karena divisi ini dimana semua anak perusahaan di luar negeri melapor pada divisi internasional MNC yang terpisah dari divisi domestic

5. Bagaimana seorang spesialis informasi dapat menerapkan teori struktur organisasi dan dimensi – dimensi informasi MNC?
- Jawab : Dengan mengikuti strategi bisnis yaitu Sistem Informasi Global

6. Satu kata apakah yang menggambarkan kunci mencapai keunggulan kompetitif bagi MNC?
- Jawab : Kata tersebut adalah “KOORDINASI”

7. Strategi bisnis global yang mana yang paling menarik bagi eksekutif yang menyukai pengendalian terpusat? Yang mana yang paling tidak menarik?
- Jawab : Strategi bisnis global yang paling menarik bagi eksekutif yang menyukai pengendalian terpusat adalah strategi global karena bersifat sentralisasi, perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan produk – produk standar. Produk untuk seluruh pasar dunia diproduksi secara sentral dan dikirimkan pada anak – anak perusahaan. Sedangkan yang tidak menarik adalah Strategi Transnasional

8. Strategi bisnis global yang mana yang membutuhkan suatu tim pengembangan multinasional?
- Jawab : Strategi Transnasional

9. Apakah sistem informasi global berbeda dari CBIS?
- Jawab : Iya,karena GIS merupakan sistem dari jaringan – jaringan yang melintasi batas – batas Negara, sedangkan CBIS adalah sistem berbasis computer. 

10. Apakah hubungan, jika ada, antara penggerak bisnis global dan rencana strategis sumber daya informai MNC?
- Jawab : Menjadi dasar berbagai rencana strategis sumber daya informasi perusahaan.

11. Apakah semua MNC dalam suatu industri diarahkan oleh ppenggerak bisnis global yang sama? Jelaskan!
- Jawab : Tidak, karena penggerak MNC dipengaruhi oleh jenis industri, Negara tempat beroperasi, dan karakteristik MNC itu sendiri.

12. Bagaimana pemerintah nasional dari anak – anak perusahaan menciptakan masalah tekhnologi bagi MNC?
- Jawab : Dengan tidak tersedia energi cukup sumber energi, sirkuit telekomunikasi hanya dapat data dengan kecepatan rendah

13. Mengapa anda perlu mengevaluasi situasi pemasok lokal di anak perusahaan sebelum menentukan perangkat keras dan perangkat lunak apa yang akan digunakan?
- Jawab : Karena ketersediaan penjual akan empengaruhi spesifikasi perangkat keras dan lunak

14. Mana yang lebih penting dalam mencapai standarisasi di seluruh MNC - data atau proses?
- Jawab : Data


Topik DISKUSI halaman 89 :

1. Bagaimana lngkungan menyebabkan ketidakpastian dalam Suatu MNC?

- Hasil Diskusi : Elemen Lingkungan yang berbeda menciptakan perubahan – perubahan yang sangat tidak menentu, dengan berjalannya perubahan – perubahan tersebut, maka suatu MNC akan berupaya menyeimbangkan dan menyesuaikan perubahan tersebut kedalam bentuk kebijakan atau pengambilan keputusan perusahaan sehingga suatu ketidakpastian dapat terkendali dan perusahaan dapat berjalan optimal sebagaimana mestinya.

2. Pilihlah satu keuntungan dari Koordinasi, dan jelaskan peran yang dimainkan sistem informasi!

- Hasil Diskusi : melihat kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat maka kami condong untuk memilih “kemampuan transfer pengetahuan antar unit – unit di berbagai Negara”. Hal ini berpengaruh pada data yang akan diterima oleh perusahaan, semakin cepat dan tepatnya data tersebut ditransfer pada perusahaan maka proses pemahaman akan semakin cepat dilakukan, yang kemudian pembawaannya pada pengambilan keputusan secara tepat dan cepat tanggap.

3. Ketika anda mengadakan survey keahlian dari para spesialis informasi di suatu anak perusahaan dalam rangka memaksimumkan penggunaan keahlian tersebut selama penggunaan GIS, keahlian apa saja yang akan anda cari? Menyadari bahwa suatu keahlian adalah suatu yang anda dapat lakukan dan pengetahuan adalah suatu yang anda ketahui, akankah anda mencari pengetahuan jenis tertentu?

- Hasil Diskusi : Bentuk profesionalisme yang tepat serta pengetahuan dalam pengembangan software umum bidang komunikasi dalam peningkatan pengayaan data dari seluruh anak perusahaan, diimbangi dengan ahli keamanan dunia maya dalam usaha proteksi privasi perusahaan. Untuk pengetahuan jenis tertentu sangat dibutuhkan, hal ini juga yang mendorong untuk mengambil spesialis bidang tertentu secara utuh tanpa mengenyampingkan pengetahuan – pengetahuan bidang lain sebagai pendukungnya.

Tidak ada komentar: